Regulasi Akreditasi Eksternal

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi. Akreditasi dilakukan terhadap Program Studi dan Perguruan Tinggi menggunakan instrumen akreditasi. Instrumen akreditasi disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Proses Akreditasi diawali dengan evaluasi data dan informasi terkait mutu penyelenggaraan Perguruan Tinggi atau Program Studi, yang dilakukan oleh Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Asesor akan melakukan asesmen untuk mengevaluasi dan konfirmasi data yang termuat dalam dokumen Akreditasi.

Dokumen Akreditasi merupakan seperangkat dokumen yang dibutuhkan untuk proses Akreditasi sesuai dengan instrumen Akreditasi yang berlaku. Instrumen Akreditasi yang ditetapkan oleh BAN-PT meliputi :

1. Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS)

Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 yang selanjutnya disebut IAPS 4.0 adalah instrumen APS yang berlaku sejak tanggal 1 April 2019 yang telah dikembangkan oleh BAN-PT sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

2. Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 (IAPT)

Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 yang selanjutnya disebut IAPT 3.0 adalah instrumen APT yang berlaku sejak tanggal 1 Oktober 2018 yang telah dikembangkan oleh BAN-PT sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

3. Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA)

Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) merupakan instrumen yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi peringkat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi

4. Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Instrumen Suplemen Konversi (ISK) digunakan oleh perguruan tinggi atau program studi untuk melakukan konversi peringkat akreditasi dari A ke Unggul, B ke Baik sekali dan C ke Baik.

Dokumen Instrumen Akreditasi BAN-PT dapat diunduh pada tautan berikut :

  1. Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS) <klik unduh>
  2. Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 (IAPT) <klik unduh>
  3. Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) <klik unduh>
  4. Instrumen Suplemen Konversi (ISK) <klik unduh>

Pada Tanggal 31 Desember 2021, BAN-PT mengadakan press release terkait lima Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah atau masyarakat untuk melakukan Akreditasi Program Studi secara mandiri. LAM dapat dibentuk oleh pemerintah atau masyarakat mengacu pada rumpun atau cabang ilmu pengetahuan. Beberapa LAM yang terbentuk meliputi :

1. LAM TEKNIK

Lembaga akreditasi mandiri yang bertugas untuk melakukan proses akreditasi untuk program studi keteknikan di Indonesia.

2. LAM INFOKOM

Lembaga akreditasi mandiri yang bertugas untuk melakukan proses akreditasi program studi bidang informatika dan komputer di Indonesia.

Dokumen Instrumen Akreditasi LAM dapat diunduh pada tautan berikut :

  1. Instrumen LAM TEKNIK <klik unduh>
  2. Instrumen LAM INFOKOM <klik unduh>

Sumber : Website BAN-PT, LAM TEKNIK, dan LAM INFOKOM.

 188 total views,  1 views today