Kemdikbud
Organisasi SPM
SPM-ITATS dibentuk pada tanggal 21 Juli 2006 melalui Surat Ketusan Rektor ITATS No: SKEP/33/ITATS/VII/2006
Fungsi Satuan Penjaminan Mutu
Sebagai perangkat Rektor, Satuan Penjamin Mutu (SPM) mempunyai fungsi pokok yaitu Melakukan perencanaan dan pelaksanaan penjaminan mutu terhadap program dan kegiatan institut di lingkup institusi sebagai upaya mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan untuk kurun waktu tertentu. SPM menjamin perbaikan secara menerus pelaksanaan dan capaian program dan kegiatan Institut. (Statuta ITATS-Pasal 36)
Fungsi Pokok SPM
Satuan Penjamin Mutu (SPM) mempunyai fungsi pokok antara lain :
- Melakukan perencanaan dan pelaksanaan penjaminan mutu akademik dilingkungan ITATS.
- Melakukan perencanaan / penyusunan pola bagi pengembangan pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme dalam pendidikan.
- Merencanakan dan melakukan audit terhadap sistem dan kepatuhan pada jurusan atau unit-unit terkait dilingkungan ITATS.
- Melakukan monitoring dan evaluasi internal ITATS terkait Monev PHK maupun Monev hasil audit sistem dan kepatuhan.
SPM didalam melaksanakan tugasnya dibawah koordinasi langsung Rektor dan mempertanggung jawabkan hasil kerjanya kepada Rektor.
Struktur Organisasi SPM
Dalam awal pembentukan SPM, struktur organisasi hanya terbatas pada empat aras, yaitu : Ketua Satuan Penjamin Mutu ( SPM ), Bagian Data dan Dokumentasi, Bagian Monitoring dan Evaluasi Internal (MONEV-In ), Bagian Audit. seiring dengan kebutuhan dari SPMI dan SPME struktur organisasi SPM-ITATS mengalami banyak perubahan.
Secara garis besar Unit organisasi Satuan Penjamin Mutu ( SPM ) terdiri dari :
- management representative (Ketua SPM)
- Wakil Ketua SPM
- Bagian Data dan Dokumentasi
- Bagian Audit
- Bagian Monitoring dan Evaluasi Internal (Monev)
- Bagian Pembinaan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P2AI)
- Aras Penjaminan Mutu Tingkat Fakultas dan Tingkat Program Studi
Bentuk organisasi SPM-Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya secara umum diilustrasikan dalam diagram berikut:
Capaian Akreditasi
akreditasi perguruan tinggi dengan predikat "BAIK SEKALI" Keputusan BAN-PT No. 858/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2020
Akreditasi Institut "Baik Sekali" oleh BAN-PT
Prodi "Baik Sekali" oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik
Prodi "B" oleh BAN-PT
ISO 9001:2015 oleh NQA
Kegiatan Budaya Mutu - ITATS
memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi PT, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan perguruan tinggi
Audit Mutu Internal
Audit Mutu Internal (AMI) adalah pemeriksaan sistematik dan independen untuk mengetahui apakah implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) efektif dan sesuai perencanaan yang dilakukan oleh unit kerja di lingkungan ITATS
Read moreSurveillance ISO 9001:2015
Standar ISO 9001:2015 adalah standar sistem manajemen yang memuat seperangkat persyaratan-persyaratan tertulis, dimana persyaratan tersebut mendefinisikan praktik- praktik yang diakui dan diterima secara universal untuk memastikan organisasi memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara konsisten
Read moreEvaluasi Kurikulum
penerapan prosedur ilmiah untuk mengumpulkan data yang valid dan reliabel untuk membuat keputusan tentang kurikulum yang sedang berjalan atau telah dijalankan
Read morePelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI)
merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis
Read moreApplied Approach
Program Applied Approach (AA) dirancang sebagai program lanjutan dari program PEKERTI. Program ini melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran yang meliputi materi tentang Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Mutu Pembelajaran
Read moreLokakarya Mutu
Kegiatan lokarya meliputi pelatihan (internal-eksternal), penyamaan persepsi dan upgrading anggota SPM-ITATS yang meliputi anggota unit kerja, auditor, TPMF dan TPMJ guna penguatan budaya mutu di lingkungan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Read moreInformasi-Referensi
kebijakan, peraturan menteri dan kebijakan nasional lainya dalam sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi
Referensi dan Tutorial Umum
“Quality is never an accident; it is always the result of high intention, sincere effort, intelligent
direction, and skillful execution.”
-Bermingham, Castleman & Pierce Inc.-
Portal Survei ITATS
Survei Kepuasan Pengguna merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan pengguna (meliputi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, pengguna alumni dan mitra) terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh ITATS dalam penyelenggaraan tridarma pendidikan tinggi
Audit Mutu Internal - AMI
Audit Mutu Internal adalah proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di PT sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi